Sep
5
2011

Tips Sukses dalam Pameran

Pameran merupakan pusat ajang perusahaan menjual produk mereka. Persaingan di dalamnya sangat ketat sekali dalam menjaring pelanggan. Sehingga berbagai cara diupayakan agar bisa mendapat omset yang besar. Salah satu faktor utama yang paling penting adalah bagaimana Anda mendesain booth atau stand Anda sehingga banyak pengunjung berdatangan. Di bawah ini terdapat beberapa tips agar performance anda dalam menampilkan produk bisa sukses sehingga menghasilkan keuntungan yang besar.

1. Pencahayaan yang Baik
Berikan pencahayaan berupa lampu-lampu yang mengarah ke setiap item yang di tampikan. Hitung seberapa banyak lampu pada booth yang diperlukan dan perhatikan bagaimana pencahayaan dapat menarik mata Anda ke arah item. Tidak hanya dua atau tiga lampu setiap stand, beri beberapa lampu yang digunakan secara efektif untuk menyoroti bagian utama dalam booth.

2. Beri Ruang Terbuka
Walaupun memiliki ruang yang cukup besar untuk pameran. Sebaiknya akses ke dalam booth Anda terbuka lebar dan tidak sedikitpun dari rak furnitur jalan masuk. Beri ruang agar leluasa bergerak di sekitar booth.

3. Penggunaan Warna yang Mencerminkan Produk
Beri sentuhan warna booth yang memiliki satu tema warna produk yang ingin di tampilkan. Sehingga terlihat nilai artistik pada booth anda.

4. Produk yang Menyatu dengan Tampilan Booth
Seperti permaianan warna, buat tampilan booth sehingga bisa menyatu dengan tampilan produk. Misalkan dengan menambah aksesoris pendukung.

5. Tampilkan Produk dengan Dibuat Tingkatan
Seleksi produk-produk anda, mana saja menurut anda menjadi primadona. Beri tingkatan pada display booth anda, sehingga memudahkan para pengunjung melihat-melihat produk anda.

6. Jangan Terlalu Banyak Menampikan Produk
Meskipun sudah memposisikan tempat tampilandengan baik dan ruang cukup. Jangan memberikan terlalu banyak pilihan produk di satu tempat tampilan, agar menghindari kesemerawutan.

7. Berikan Suasana Ceria dan Bersahabat
Arahkan pegawai penjaga booth anda untuk memberikan pelayanan dengan murah senyum dan ramah tamah. Jangan biarkan sampai terlihat ada yang terlihat muka bosan dan hanya duduk-duduk saja, buatlah lebih hidup booth anda.

8. Kesan Pertama Booth
Buat agar booth anda mendapat kesan pertama yang baik. Walaupun dari jarak jauh booth anda sudah terlihat menarik.

9. Tampilkan Produk Berkualitas Tinggi
Jangan berikan kesan kepada pengunjung betapa murahnya produk anda. Walaupun produk anda lebih murah dari saingan anda, buatlah lebih menarik dalam penampilannya. Misalnya dengan memberikan pelindung atau pembungkus agar terlihat produk anda lebih ekslusif.
Pameran merupakan salah satu ajang dan wadah serta tempat untuk mendapatkan sebuah kesempatan berlangsungnya transaksi penjualan.
Sebuah perusahaan melakukan promosi  dengan ikut serta dalam sebuah kegiatan pameran. Tentunya dengan target bahwa para tenaga penjual atau sales person dari perusahaan tersebut akan mendapat pembeli atau konsumen untuk produk yang mereka tawarkan.

Di saat ajang pameran berlangsung, peran seorang sales person sangatlah penting. Karena untuk mendapatkan informasi mengenai promo produk yang dipamerkan merupakan tugas dari sales person itu sendiri. Dalam menjadi penjaga sebuah pameran seorang sales person harus memiliki kemampuan yang cepat dalam menangkap dan mengambil kesempatan prospek yang dikejarnya.

Beberapa situasi yang sering kali dihadapi oleh sales person  ketika menjaga pameran berlangsung yaitu :

1. Kebanyakan sales person menghadapi situasi takut untuk rejection atau penolakan sehingga takut untuk menawarkan .

2. Kebanyakan sales person menawarkan dengan sebelah mata, di mana memilih calon konsumen hanya dari penampilannya saja. ( Padahal setiap calon konsumen memiliki peluang yang sama dan tidak terduga yang di nilai sebatas penampilan luar saja)

3. Kebanyakan sales person mudah tergoda dengan berbagai calon konsumen yang lalu lalang sehingga ketika sedang menjelaskan kepada satu prospect menjadi tidak focus dan mau cepatnya saja.

4. Kebanyakan sales person malas untuk menjaga sebuah pameran ketika arena tersebut sepi, sehingga sering kali ketika hal itu terjadi para sales person dengan mudahnya meninggalkan arena pameran tersebut.

Untuk menjadi seorang juara sales person pameran, ada beberapa tip dan trick yaitu sebagai berikut :

1. Seorang sales person harus mengetahui dengan detil mengenai dari pameran tersebut. Misalnya, di area seperti apa kita berada di pameran tersebut, siapa target pengunjung.Cari tau trend traffic tempat pameran berlangsung.

2. Persiapkan semua perlengkapan pendukung bahan jualan kita pada hari ini, persiapkan lebih dari pada kurang.

3. Jangan menunggu bola, tapi tangkap calon konsumen dengan cepat.
4. Tunjukan kita adalah sales person yang gigih, jangan biarkan kita hanyak duduk namun gunakan kreativitas sehingga calon konsumen tertarik untuk mendekati stand pameran kita

5. Jagalah penampilan, buat diri kita wangi dan siap menyambut tamu.

6. Apabila pameran sepi pengunjung , gunakan tenant atau stand tetangga untuk berbagi informasi. Intinya luangkan waktu yang bermanfaat.

7. Datanglah lebih pagi ketika stand akan buka dan pulanglah pada saat stand telah tutup. Terkadang konsumen yg telah datang pada hari sebelumnya, baru memutuskan akan menjadi beli setalah keesokannya.

Comments are closed.

Mengenai Blog Ini

Sentra Industri Kab.Mojokerto

Sebuah wacana mengenai potensi industri di Kabupaten Mojokerto yang menarik untuk disimak dan menjadi sumber inspirasi bagi pembacanya. Bagi Anda yang ingin profil usahanya turut dicantumkan dan membutuhkan pendampingan usaha, hubungi TPL-IKM (Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah) di Dinas Perindustrian Kabupaten/Kota Anda. Untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, hubungi TPL MUKMININ 085655586217. Kunjungi juga website toko online kami di www.produkjatim.com